Ibadah Padang GT Klasis Makassar

22/08/2011 14:52

20 Agustus 2011 : Balla Tamalanrea

Merdeka.... ,

Segenap Warga Gereja Toraja dalam Lingkup Klasis Makassar mengadakan kegiatan dalam memaknai HUT Kemerdekaan RI yang ke-66.

Salah salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan yaitu donor darah dan memberikan sembako kepada masyarakat yang kurang mampu di sekitar daerah Tamalate,kota Makassar.  Sebagai puncaknya, dilaksanakan Ibadah Syukur yang dirangkaikan dengan Ibadah Padang di Balla’ Tamalanrea, Sabtu (20/8) pagi tadi.

 

Ibadah Padang ini dihadiri oleh Jemaat yang ada dalam lingkup wilayah Pelayanan Klasis Makassar (27 Jemaat).Masing-masing Jemaat membuat tenda (lantang) yang didesain seindah mungkin yang menggunakan hiasan Toraja. Ibadah dilaksanakan dalam bentuk Kebaktian Penyengaran Iman (KPI) yang dipimpin oleh Bapak Pdt. Alfred Anggui MTh.

Lantunan kidung pujian dinaikan kepada sang Khalik pemilik jagat raya ini, terus dikumandangkan. Tak ketinggalan partisipasi pengisi acara seperti paduan suara,vocal grup,puisi,musik bambu (pa’pompang) dan lantunan musik kolintang.

        Pa'pompang (Musik Bambu khas Toraja)

Dihadiri Guburnur dan Walikota

Sebuah kebanggan tersendiri dalam kegiatan ini hadir Bapak Gubernur Syahrul Yasin Limpo dan Bapak Walikota Ilham Arief Sirajuddin. Keduanya memberikan sambutan dan mengapresiasi kegiatan sosial yang dilakukan oleh Warga Gereja Toraja yang berdomisili di Makassar.

Para Penyambut Tamu dalam Ibadah Syukur.


 

Pejabat gerejawi pun turut hadir. Diantaranya, Perwakilan dari PGI Wilayah SULSELBAR dalam hal ini diwakili oleh Bapak Pdt.Musa Sikombong, S.Th (Sekretaris Umum PGIW SULTANBATARA), Badan Pekerja Sinode Gereja Toraja (BPS-GT) dihadiri oleh Bapak Pdt.Musa Salusu, M.Th (Ketua Umum) dan Badan Pekerja Klasis (BPK) Makassar dihadiri oleh Bapak Pdt.D.Y Saranga, S.Th’ (Ketua BPK Makassar). Hadir juga para undangan yaitu seluruh Pendeta dan Proponen yang melayani dalam Lingkup Gereja Toraja Klasis Makassar.

 

Peran Kaum Wanita

BPK Makassar kali ini mempercayakan kepanitiaan kepada Persekutuan Wanita Gereja Toraja (PWGT Klasis Makassar)
”Sebuah kebanggan tersendiri ketika kami kaum wanita diberi kepercayaan seperti ini, meskipun semua panitia adalah wanita tapi kami sanggup mengemban tugas ini,” demikian kata Ibu Ch.Sumule sebagai Ketua Panitia Gereja Padang dan Ibadah Syukur HUT RI ke-66.

Tarian Pagellu'


Tema yang diusung pada Ibadah Padang Tahun ini adalah “Mengasihi dalam Perbuatan dan Kebenaran”(I Yoh.3:18) dengan mengangkat sub tema “Bersama-sama kita memelihara dan meningkatkan Kehidupan Beriman dalam Keluarga Menuju Masyarakat Majemuk yang sejahtera”.

Semoga dengan kegiatan seperti ini rasa persudaraan dan rasa kepedulian diantara sesama semakin erat.
DIRGAHAYU Bangsaku, Jaya Indonesiaku.

 

Salam Senyum Termanis

Obed Patiung

(Korwil KARGT Klasis Makassar Periode 2008 - 2010)