Membuat Papan Flanel

12/08/2011 19:11

Papan Flanel merupakan salah satu alat penunjang pelayanan yang sangat baik untuk di miliki oleh setiap kelas di Sekolah Minggu. Papan Flanel bisa didapatkan dengan membelinya pada toko yang menjual peralatan ATK, attaupun bisa dibuat dengan kreasi sendiri. Pembuatannya pun tidaklah terlalu rumit, kita bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kita.

Berikut ini kami berbagi cara pembuatan papan Flanel :

Alat dan Bahan yang dibutuhkan :

1. Karton Keras (ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhhan kita), anggaplah ukuran 50 x 80 cm

2. Kain Flanel (biasanya kalau beli sedikit ukuran 100 x 100 cm)

3. Lem Fox Putih

4. Lakban besar

5. Gunting dan Cutter

4. Mistar

 

cara membuat Papan Flanel

1. Lipat/Tekuk 2 karton kertas yang kita punya secara vertikal, lalu luruskan kembali

2. Ukurlah kain flanel selebar karton keras yang kita miliki, tetapi sisakan 5 - 8 cm untuk tepiannya yang akan ditekuk kebelakang

3. Lumuri Karton keras dengan lem secara merata pada satu sisi dari hasil tekukan pada karton, lalu mulailah merekatkan kain flanel tersebut di mulai dari sisi tengah karton tersebut.

4. lakukan pada sisi lainnya.

5. setelah kain flanel telah meyatu dengan karton keras, saatnya kita melipat bagian sisi-sisi dari kaib flanel yang masih ada ke bagian belakang karton tersebut, lalu di rekatkan dengan lem secara merata.

6. untuk membuat tepian papan flanel lebih awet, maka kita akan lakbanlah tepian papan flanel kita (sama seperti melakban jilidan buku.

7. agar lebih menarik lagi, buatlah hiasan bunga, love, salib ataupun ornamen2 lainnya untuk menghiasi pinggiran papan flanel kita agar terlihat lebih menarik.

8. selamat mencoba