Orientasi Pengurus Klasis SMGT Klasis Makassar Tahun 2011

10/08/2011 14:53

30 - 31 Agustus 2011

Wisata Kebun.. Pakatto

17.00 wita.. Sabtu.... 30 Agustus 2011

5 orang personil Pengurus SMGT KM berkumpul di depan Gereja Toraja Jemaat Bawakaraeng, senang menanti pete-pete (bahasa keren dari mikrolet) yang akan menuju ke Sungguminasa-Pakatto dan beberapa 3 orang lainnya menuju ke wisata kebun menggunakan si "kuda besi" (motor).. dimana telah menunggu kakak Joel disana.. soalnya kakak Joel yang mengurus tempat.

singkat cerita akhirnya 9 orang personil pengurus SMGT KM + 1 orang pemerhati (Kakak Obed Patiung) telah tiba di Kebun wisata.. sedangkan Kakak Unu (Yunus Buana Patiku) yang bertindak sebagai pemateri meluncur ke TKP menggunakan si matic Mio. dan akhirnya kegiatan orientasi dilaksanakan pada pukul 20an, dan hal yang paling pertama dilasanakan adalah Makan Malam untuk mengisi perut yang sudah mulai laparrrrrr. sesaat setelah makan malam dilanjutkan oleh ibadah pembukaan di pimpin oleh liturgis yang kreatif K' Restin dan pelayan Firman K' Yan.

saatnya masuk materi.......

Materi awal adalah Etos kerja Pengurus lalu disambung materi Menjadi Pengurus, Pilihan siapa?,

ada sesuatu yang sangat berbeda dalam hal penyajian materi....

kalau selama ini dalam nuansa formal, ternyata oleh kakak Unu kita boleh mengambil posisi yang membuat kita nyaman, ada salam khususnya juga dalam bentuk Yel-yel,  aspirasi dan unek-unek kita di tulis dalam kertas warna-warni terserah mau pakai warna apa.. mau di kreasikan bagaimana, setelah itu di tempelkan pada karton manila.... (pokoknya seru..), nah pas lagi materi ini eh.. ada 3 orang pengurus SMGT yang nongol... K' Nyamin, K' Ocep dan K' Jefri.. maklumlah mereka baru pulang ikut TOT (Training Of Traineer) yang di laksanakan di Gedung PGIW Sulselbara di Jl. Racing Centre, akhirnya semua bateri pada malam itu selesai tanpa terasa, lalu di tutup dengan doa malam.

Minggu, 31 Agustus 2011

Saatnya bangun pagi...., syaratnya tidak boleh mandi pagi dulu karena ada sesi mandi bareng-bareng di kolam renang...

Kegiatan dimulai dengan ibadah pagi oleh K' Ocep.. sebagai liturgisnya (oh iya harus ditentukan pake nuansa apa, dan ibadah kali ini memakai nuansa ibadah anak Indria) dan lagi-lagi kakak restin yang ditunjuk kali ini sebagai pelayan Firman (metode bercerita yang dipakai tetap model anak indria)... satu hal yang diajarkan bahwa kita bisa melakukannya asalkan mau... dengan kata lain.. tidak ada kata tidak bisa.

saat ibadah selesai... harusnya kita outbond, cuman sayang sekali kondisi tempat yang tidak memungkinkan jadi akhirnya batal deh

karena outbond batal mari kita lanjut materi berikutnya : Bible Study..... jangan pikir dalam pemaparan materi ini kita duduk tenang dan diam.... karena saat materi ini pun kami masih menggunakan kertas sebagai media mencurahkan aspirasi dan hasrat kami, lalu ditempelkan pada bagian kosong dari karton manila yang telah dipakai semalam. 

saatnya... mandi bareng.... wihhhh.... air kolamnya jernih.... asyik sekali berenang sambil bercengrama satu dengan yang lain, tidak lama kemudian pop mie datang... berendam/berenangnya break dulu... mau isi bahan bakar dulu.... saatnya makan.. nyam-nyam....nyam..

huh..... kenyang lagi..., habis itu berenang lagi...., mandi lagi, ganti pakaian lagi.... saatnya dengar materi lagi

kali ini materinya mengenai Tugas, Wewenang dan Fungsi Pengurus Klasis serta materi Pemahaman Bersama Keputusan-keputusan (Persidangan SMGT dan Sidang Sinode Am / SSA XXIII tahun 2011.

Pukul 13, kami lanjut acara makan sing dan refresing... terutama mancing gratis, dimana pancingnya gratiis, umpannya gratis, tempatnya gratis, kalau dapat ikan yah di lepas lagi biar tidak di suruh bayar asli gratis tis tis tis tis.

puas refresing, saatnya ibadah pulang yang dipimpin oleh kak Nyamin (versi anak Remaja)...

lalu satu hal yang harus berbeda... yaitu kalau selama ini habis pakai tempat, tidak di rapikan dan dibersihkan... maka mulai kali ini wajib membersihkan dan merapikan tempat yang telah di sewa, termasuk tempat tidur, bantal, kursi dan mejanya... masa... ajarkan anak sekolah minggu jangan buang sampah sembarangan, rapaikan mainan dan tempat tidurnya, baru pelayan/pengasuhnya tidak berbuat demikian.. malu donk..

so... buat teman-teman jangan lupa yah.. merapikan dan membersihkan tempat yang telah dipakai... sama seperti sediakala.